Seorang Pencuri mengembalikan batu bersejarah karena alasan yang aneh

Seorang pencuri Australia mengembalikan sebuah batu yang dia curi dari sebuah biara bersejarah karena dia merasa bahwa batu yang diambilnya itu memberikan nasib buruk.

Pencuri misterius itu mengirimkan batu kecil itu kembali  ke Abbeycwmhir Heritage Trust di Wales karena mempercayai ada hantu pangeran tanpa kepala yang marah padanya.

Pengirim ‘anonim’ dari mengirim batu bersejarah kembali dengan sepucuk surat yang berisi permintaan maaf atas tindakannya. Pesannya berbunyi: “Saya sangat menyesal telah mengambil, meminjam, mencuri sepotong Abbeycwmhir tua ini. ‘Saya telah menjadi penggemar setia Raja Welsh dan sejarah mereka dan karenanya saya mengambil batu ini.

“Sejak itu (pengambilan batu) aku mengalami nasib buruk, seolah-olah Llewellyn marah padaku. Jadi saya mengirimkannya kembali. Saya tidak akan meninggalkan nama atau alamat saya, hanya maaf dengan tulus, dari penggemar Australia. ‘

Biara Cwmhir dekat Llandrindod Wells di Powys, adalah biara Cistercian Welsh yang didirikan pada tahun 1176 oleh pangeran Welsh, Cadwallon ap Madog.

Sayangnya bagi Cadwallon, dia dibunuh oleh Sir Roger Mortimer pada tahun 1179.

Kemudian di abad ke-13, biara tersebut dibakar dua kali oleh tentara Inggris dan pada 1231 kepala biara didenda £ 200 untuk membantu penyebab Welsh melawan mahkota.

Badan tanpa kepala milik Llywelyn ap Gruffudd, pangeran asli Wales yang terakhir, dimakamkan di biara setelah kematiannya dalam pertempuran pada tahun 1282.

Sejak kematiannya yang mengerikan, banyak laporan tentang hantu yang menghantui biara yang hancur itu. Catatan beserta batu itu dipajang di Ruang Pameran di pintu masuk Abbey.

Sumber: http://metro.co.uk/2017/09/01/thief-returns-historic-stone-to-abbey-because-it-was-haunting-him-6895748/#ixzz4rU3bDWqS