Menjadi Perusahaan yang Berbudaya

Budaya perusahaan atau Coorporate Culture punya peran yang sangat besar dalam menciptakan produktifitas sebuah perusahaan. Banyak perusahaan yang memiliki infrastruktur lengkap dan modal yang besar tidak bisa bekerja efektif karena tidak memiliki value budaya yang jelas. Sebaliknya, perusahaan yang bergerak dibidang yang sama dengan infrastruktur dan biaya seadanya, bisa tumbuh dengan baik, akibat budaya perusahaan yang sangat kondusif.

Membangun budaya perusahaan, inilah yang dilakukan oleh Tony Hsieh sebagai CEO Zappos. Ketika Tony masuk ke Zappos pada tahun 2000, dia mulai mengubah banyak hal hingga Zappos bisa sesukses seperti sekarang. Seperti yang kita tahu, Zappos tak hanya berjaya di sisi bisnisnya, Zappos juga dikenal memiliki team work dan brand awareness yang luar biasa di mata pelanggan.

Rahasianya adalah Tony sukses memimpin Zappos karena mengutamakan nilai-nilai budaya perusahaan yang dibuat agar seluruh karyawan bahagia.

“Prioritas utama kami di Zappos adalah budaya perusahan. Kepercayaan kami adalah bahwa bila kami mendapat budaya yang benar, maka hal-hal lainnya seperti pelayanan pelanggan yang besar atau brand perusahan yang kuat untuk jangka panjang akan terjadi secara alamiah,” begitu kata Tony.

Di Zappos, penerapan budaya perusahaan ini sudah dimulai dengan rekrutment karyawan baru. Tony selalu menetapkan standar budaya yang harus dimiliki oleh calon karyawannya. Meskipun memiliki skill yang memukau namun tak sejalan dengan budaya Zappos, Tony akan memilih mencari kandidat lain ;

“Salah satu nilai perusahan kami adalah rendah hati dan inilah yang menuntun kami dalam proses merekrut karyawan. Ada banyak orang baik di luar sana yang juga egois, tetapi kami tidak akan merekrut mereka,”

Ya, budaya perusahaan bisa dikatakan jarang diterapkan di perusahaan-perusahaan. Kalaupun ada, kebanyakan hanya sebatas slogan. Biasanya fokus utama perusahaan adalah bagaimana mencapai penjualan yang sesuai target. Padahal ada background process yang harusnya kita perhatikan agar penjualan berjalan lancar yaitu budaya perusahaan.

Dengan adanya budaya perusahaan, kita akan membentuk karakter dan nilai yang kita junjung dalam bekerjasama dan melayani pelanggan.

Nah, budaya apa yang akan Anda junjung di perusahaan Anda ?