Darkstore : StartUp Retail yang ingin tak Terlihat

Darkstore, startup pemenuhan kebutuhan on-demand, baru-baru ini bermitra dengan T-Force Final Mile untuk memperluas pasar di seluruh negeri. Ini membawa Darkstore memiliki 40 cabang, termasuk di San Francisco, Los Angeles, Portland, Miami, Atlanta, Boston, Reno dan Austin. T-Force Final Mile adalah perusahaan pengiriman ke pelanggan yang mengirimkan barang untuk IKEA, Office Depot dan Amazon.

Berkat kemitraan tersebut, Darkstore akan dapat menggunakan 40 gudang T-Force di seluruh negeri. Untuk memperluas basis pelanggannya, Darkstore juga meluncurkan keranjang belanja online, yang memudahkan merek e-commerce untuk menawarkan pengiriman sesuai permintaan kepada pelanggannya hanya dengan satu baris kode.

Menurut pendiri Darkstore Lee Hnetinka, kemitraan Darkstore dengan T-Force dan peluncuran keranjang belanja adalah bagian dari tujuan Darkstore untuk menjadi “peritel yang tak terlihat,”.

Darkstore bekerja dengan cara memanfaatkan kapasitas berlebih di fasilitas penyimpanan, mal atau lainnya dan memungkinkan mereka menjadi pusat pemenuhan kebutuhan hanya dengan sebuah smartphone. Idenya adalah bahwa merek tanpa gudang persediaan lokal dapat menyimpannya di Darkstore dan kemudian mengirimkannya pada hari yang sama.

Darkstore tidak mengenakan biaya apapun untuk menyimpan inventaris, namun mengenakan biaya 3 persen per item yang dikirim Darkstore, dengan minimum $ 2 dan maksimal $ 20. Untuk pengiriman, Darkstore bermitra dengan perusahaan seperti AxleHire dan UberRUSH di San Francisco.

Di pasar lain, Darkstore menggunakan layanan seperti Deliv dan perusahaan kurir lokal lainnya yang ingin digunakan merek tersebut. Daftar pelanggan Darkstore mencakup startup kasur Tuft & Needle, pembuat headphone premium Master & Dynamic, merek pakaian Wildfang dan sofa startup Burrow.

Darkstore pertama kali diluncurkan Mei lalu. Sejak saat itu, Darkstore telah mengumpulkan dana lebih dari $ 1,5 juta. Pada bulan April, setelah dana sebesar $ 1,4 juta dari PivotNorth, tujuan Darkstore adalah mencapai $ 110 juta produk yang dipenuhi pada akhir tahun ini. Darkstore memukul target itu “lebih cepat dari perkiraan kita,” kata Hnetinka.

Rata-rata, Darkstore menghasilkan $ 16,50 per pesanan, dengan nilai pesanan rata-rata $ 550,22. Pada tahun lalu, Darkstore telah melihat pertumbuhan pendapatan dan pesanan 25 persen bulan ke bulan.

Sumber : https://techcrunch.com/2017/09/11/darkstore-wants-to-be-the-invisible-retailer/