3 Restoran Super Sehat di Semarang

” You are what you eat ” kalau kamu pernah dengan ungkapan ini, kamu pasti setuju juga bahwa emang sihh.. Apa yang kita makan ngaruh banget sama kesehatan dan stamina tubuh, bahkan ada yang bilang, makanan ada juga dampaknya sama emosi kita. Hmmm..

Cuman, kalau kita bicara jajanan enak, biasanya engga begitu sehat kalau dikonumsi tiap hari. Misalnya aja, gorengan, bakaran, minuman manis, penyedap rasa buatan sampai minya goreng. Padahal, rata rata restoran, menggunakan semua itu.

Karena itu, team c radio nyoba nyari restoran yang memang menonjolkan makanan sehat, bukan cuma sedia sayur sama buah ya.. tapi yang hanya menyediakan menu makanan yang sehat buat kita.

Ini dia 3 restoran sehat yang bisa kamu temui di Semarang.

1. Basilia Cafe and Dine

Tempat ini terletak di Jl. Mentri Supeno No. 13 A, Kelurahan Mugas sari yang sekarang jadi jalan satu arah di Semarang.

Basilia sendiri menawarkan banyak makanan eropa, salah satu yang kami rekomendasikan adalah artisan bread yang kebetulan merupakan menu baru disini. Roti ini terbuat dari gandum dan biji bijian. Jenis roti disini juga sangat bervariasi dan dibuat sendiri oleh Mba Indri yang merupakan pemilik Basilia.

Roti ini bisa dimakan seperti sandwich yang menggunakan berbagai macam isian. Seperti daging dan selai. Ada berbagai pilihan isian yang bisa kamu pesan dari daging ham (sapi) hingga buah zaitun dan blue chesee.

Interior di Basilia sendiri sangat nyaman untuk ngobrol dan santai, sambil menyantap menu goulash soup dan juice sayur yang kami pesan. Rasa kaldu ayam di soup ini tersana segar dikombinasikan dengan pasta tomat. Juice yang disediakan disini tanpa gula yaa..

2. Rumah Makan Karuna

Karuna bisa kamu temukan di Jalan Depok No. 47 Kembangsari. Tempat makan ini memang menyajikan makanan khusus vegetarian, atau tidak mengandung daging bahkan telur sama sekali.

Tapi, tempat ini tidak hanya menyajikan pecel atau sayur seperti di Warteg. Menu disini sangat bervariasi, seperti sate kambing, bakso ikan, cap cay, chicken drum hingga siomay. Lohh ?? hehe jangan salah, semua menu tersebut dibuat dari sayuran !

Kalau kamu belum pernah ke tempat ini, kita sangat merekomendasikan kamu nyobain sekali minimal dalam seumur hidup buat menikmati sayuran yang rasanya mirip banget sama daging. Tempat ini juga tidak menggunakan minyak goreng sama sekali.

Pemesanan makanan di sini tipe touch screen, jadi tunjuk dari etalase apa saja makanan yang ingin kamu masukkanke piring kamu. Disini disediakan nasi putih, merah dan hitam sebagai pilihan.

Dinding di rumah makan ini punya banyak sekali kata mutiara.

Kalau kamu mengincar paket makan all u can eat, ada hari tertentu dalam sebulan dimana tersedia pilihan all u can eat dengan harga terjangkau. Tempat makan ini buka dari jam 09.00 – 21.00.

 

3. Ha Ha Resto

Tempat ini juga merupakan restoran khusus vegetarian yang tipenya hampir sama dengan karuna. Letaknya ada di Jl. Seteran Serut, Miroto, Semarang Tengah. Menu yang ditawarkan juga bervariasi meskipun semua bahan dasarnya adalah sayuran

Namanya boleh ayam atau kambing, tapi makanan disini tidak ada unsur dagingnya sama sekali 

Restoran ini boleh dimilang mirip tempat makan rumahan, tapi menunya cukup unik untuk dicoba, dan pastinya sehat. Ha ha resto buka dari pukul 07.00 – 19.00.

Kalau ada yang tanya, kenapa pecel tidak kami kategorikan dalam pencarian restoran sehat, ini karena kebanyakan warung pecel masih juga menjual minuman manis, gorengan bahkan jeroan. Tempat makan yang kami pilih di Top of LIst kali ini adalah yang hanya menjual makanan dan minuman sehat.

Punya rekomendasi tempat makan sehat lainnya ?