Pertanyaan Terbaik dalam Kehidupan

Anthony Robbins pernah bilang, hidup sebenarnya adalah tentang mengajukan dan menjawab pertanyaan yang tepat kepada diri sendiri.

Semakin berkualitas pertanyaan yang kita ajukan, akan semakin tinggi juga kualitas hidup kita. Nah, yang menjadi persoalan adalah, pertanyaan seperti apakah yang akan membantu diri kita untuk meningkatkan kualitas hidup?

Di bukunya yang berjudul Linchpin, Seth Godin membuka paparannya dengan beberapa pertanyaan yang “menggelitik”. Linchpin sendiri adalah istilah yang digunakan Godin untuk menyebut orang orang yang berani, memiliki wawasan, kreatifitas, kenekatan dan menantang status quo. Seorang Linchpin selalu bisa mengidentifikasi apa yang harus dilakukannya kemudian. Ibaratnya jika tidak ada peta yang disediakan, maka dia akan membuat petanya sendiri.

Seorang Linchpin selalu mencintai apa yang dikerjakannya dan mengerjakan segala sesuatunya dengan cinta.

Pertanyaan pertama ; “Kapan kita merasa diri kita jenius?”. Disebutkan bahwa, Einstein pun sering lupa jalan pulang, padahal dia dikenal sebagai orang jenius. Jadi, tidak ada orang yang selalu jenius, oleh karena itu, kenapa kita tidak berpikir bahwa kita juga jenius dengan keadaan kita sendiri. “Setiap orang adalah juga jenius”.

Pertanyaan kedua: “Apakah kita pernah menyadari keunikan diri kita sendiri?”. Di suatu saat Picasso pernah ditanya oleh seseorang mengenai lukisan yang dibuatnya, apakah itu lukisan gaya “realisme”?

Picasso hanya menjawab, ya ini gaya saya melukis dengan gaya “realisme”. Seperti diketahui bahwa lukisan gaya “realisme” adalah lukisan yang sesuai dengan objek aslinya, namun Picasso lukisannya sangat unik. Moralnya adalah bahwa setiap orang memiliki keunikan masing-masing dan bisa melakukan yang terbaik.

Pertanyaan ketiga: “Kapan terakhir kali kita menjadi diri kita sendiri?”. Terkadang kita suka menjadi atau mengimitasi orang lain untuk sukses. Sadarkah kita bahwa perusahaan mempekerjakan kita adalah karena pribadi & karakter kita yang cocok dengan perusahaan?

Pertanyaan keempat: “Apa pendapat kita jika melihat sesuatu yang kurang sesuai
dengan yang kita inginkan atau buruk?”. Jika kita menjawab itu sebagai “Tantangan”
dan “Kesempatan”, maka bibit Linchpin sudah ada dalam diri kita.